Rabu, 21 Agustus 2013

Alat Bantu Mempermudah Belajar



english, bahasa Inggris
Manusia terkadang membutuhkan alat bantu untuk mempermudah dalam memenuhi semua kebutuhan. Termasuk dalam belajar bahasa Inggris. Dengan alat bantu Anda akan lebih efektif dan efisien. Apa saja alat bantu yang bisa digunakan.  

  • Kamus

Kamus sangat penting bagi pembelajar bahasa asing. Disarankan untuk menggunakan kamus yang lengkap. Kamus yang memberikan seluruh arti dalam satu kata, cara mengucapan dan bentuk bunyi yang jelas. 


  • Buku Panduan atau Ebook

Untuk mengingatkan kembali tentang materi bahasa Inggris, bisa membeli buku, baik cetak maupun elektronik. Berbagai panduan, seperti belajar grammar, vocabulary, conversation dan sebagainya bisa Anda miliki sebagai referensi. 

  • Film

Carilah sebanyak mungkin film berbahasa Inggris. Usahakan jangan pilih-pilih genre atau jenis film. Anda bisa memutarnya sewaktu-waktu dan mengulangnya kembali. Dengarkan, catat ulasannya dan obrolkan dengan teman.

  • Lagu

Belajar juga bisa dengan menyalurkan hobby. Mendengarkan musik atau lagu juga bisa menjadi pilihan. Kemampuan listening yang baik sangat dibutuhkan. Anda juga bisa menyanyikannya setelah itu. Menyenangkan bukan? 

  • Radio dan televisi

Anda bisa menyimak siaran radio atau menonton tayangan televisi yang berbahasa Inggris. Televisi lokal juga ada yang menyajikan beberapa program berbahasa Inggris atau yang berlangganan TV kabel bisa menyaksikan channel TV luar negeri.

  • Alat perekam

Bila Anda ingin mengetahui bagaimana kemampuan pronounciation , bisa dengan merekamnya. Anda cukup merekam dengan fasilitas telepon seluler. Lalu, dengarkan suara Anda. Kira-kita apakah sudah cukup jelas dan bisa dimengerti orang lain?

  • Novel

Anda bisa temukan berbagai novel menarik di toko buku. Aktivitas membaca novel ini akan melatih kemampuan reading. Setelah itu bisa menuliskan kembali dengan gaya bahasa sendiri dan menceritakannya kepada orang lain.

  • Surat Kabar dan Majalah

Sangat banyak surat kabar dan majalah berbahasa Inggris yang beredar. Anda bisa menggunakannya untuk melatih kemampuan dan mengetahui kabar dan informasi terbaru dari seluruh penjuru dunia.

  • Buku Catatan

Siapkan buku tulis atau diary untuk mencatat segala aktifitas yang Anda lakukan. Anda pun bisa menuliskan semua curahan hati tentunya dalam bahasa Inggris. Siapa tahu cerita Anda layak dijadikan novel yang menarik. Belajar sambil menciptakan karya yang kreatif bisa saja dirasakan. 

  • Internet

Tersedia banyak referensi berkaitan dengan bahasa Inggris. Anda pun bisa berinteraksi dengan orang dari seluruh dunia. Media sosial seperti facebook dan twitter bisa memperkenalkan Anda dengan orang dari penjuru dunia manapun. Anda juga bisa menggunakan skype agar bisa bertatap langsung dan berkomunikasi secara lisan. Bila mau kopi darat juga bisa. 

Mungkin saja Anda memakai media selain daftar di atas. Segala cara bisa Anda terapkan untuk menjadi mahir. Seseorang yang mahir dalam bahasa Inggris pasti sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang. Setelah ini, mungkin Anda bisa berpikir untuk menguasai bahasa lainya. Anda bisa menerapkan metode yang telah terbukti sangat jitu ketika belajar bahasa Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar