Rabu, 21 Agustus 2013

Cara Mudah Meningkatkan Kemampuan Speaking



ngomong bahasa Inggris
Salah satu indikator sukses belajar bahasa inggris adalah Anda mampu berbicara dengan lancar. Bahasa merupakan alat komunikasi yang bisa diaplikasikan secara lisan maupun tulisan. 

Agar informasi yang diberikan dapat dipahami setiap orang. Sama halnya dengan prinsip belajar bahasa Inggris, seperti membuat, memahami dan menggunakan kalimat tersebut untuk berkomunikasi dengan orang lain. Berikut ini tahap belajar speaking yang bisa Anda terapkan.

  1. Memahami pengertian kalimat secara umum.
  2. Memahami bentuk kalimat berdasarkan grammar yang dipelajari.
  3. Berlatih membuat kalimat berdasarkan aturan grammar, baik secara lisan maupun tulisan. Latihan ini akan sekaligus bisa meningkatkan penguasaan vocabulary.
  4. Berlatih mengucapkan kalimat dengan ucapan (pronounciation) yang benar dan bisa dipahami oleh orang lain.
  5. Berlatih mendengar dan memahami kalimat yang diucapkan orang lain.
Jadi, bicaralah sesering dan sebanyak mungkin. Itu adalah cara terbaik untuk belajar bahasa Inggris. Tidak ada yang lebih baik dari percakapan untuk membantu Anda meningkatkan kemampuan speaking. Anda bisa berlatih Reading, Writing, dan Listening sendiri, tapi untuk berlatih speaking dibutuhkan patner sebagai lawan bicara. 

Cara terbaik untuk melakukan ini adalah berada dalam lingkungan berbahasa Inggris. Mengambil kursus di lembaga kursus bahasa Inggris, secara teratur berinteraksi di media pembelajaran online atau lebih baik lagi, kalau Anda bisa belajar bahasa Inggris di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kesehariaanya.

Cara tercepat untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan mengelilingi diri dengan penutur bahasa Inggris. Termasuk juga kebiasaan berpikir dalam bahasa Inggris, tidak menerjemahkan bahasa sendiri ke dalam bahasa Inggris, karena hanya akan memperlambat Anda dalam speaking

Salah satu cara yang benar adalah ketika Anda berbicara, gunakan kalimat yang langsung dan alami. Kalau belum bertemu patner berlatih, bisa dengan melakukan percakapan sendiri. 

Kebiasaan ini mungkin terdengar sedikit aneh dan memalukan pada awalnya, tetapi justru Anda bisa mengetahui kekurangan yang harus diperbaiki. Yaitu dengan cara merekam suara sendiri saat berbicara dan mendengarkan ucapanmu sendiri. Anda juga bisa belajar beberapa lagu berbahasa Inggris. Belajar dengan bernyanyi adalah cara belajar yang menyenangkan, bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar