Selasa, 20 Agustus 2013

Tentukan Goal dan Waktu Pencapaiannya


English, bahasa Inggris
Setelah tahu pentingnya bahasa Inggris bagi kehidupan kita, semangat belajar harus terus berkobar. Kemauan yang kuat akan memotivasi untuk selalu belajar dan berlatih. Karena dengan berlatih dengan rutin menjadikan kemampuan semakin sempurna. Agar belajar Anda lebih terarah, simak langkah-langkah berikut.

  • Goal atau Tujuan

Goal atau tujuan Anda dalam belajar harus jelas. Tentukan tujuan sebagai motivasi Anda dalam belajar. Misalnya, berpikir tentang mengapa Anda harus belajar bahasa Inggris. Misalkan Anda ingin mendapatkan beasiswa belajar di universitas ternama di luar negeri, melejitkan karir, memperluas bisnis, menonton film Hollywood dan sebagainya. Apapun alasannya, akan membuatmu belajar lebih giat untuk mencapai dan selalu fokus dengan  tujuan yang ingin Anda raih. Bila tujuan sudah jelas, Anda hanya tinggal melaju sesuai arah tujuan. 
  • Tentukan Waktu

Bila Anda menempuh belajar bahasa Inggris di sekolah, kampus, kursus, guru privat mungkin ada jaminan rutinitas. Namun terkadang belum bisa memberikan jaminan atas kemampuan setiap individu. Anda harus mempunyai waktu di luar itu untuk memperbanyak praktek.  

Pastikan Anda sudah tetapkan tujuan yang jelas. Lalu rancang waktu atau agenda belajar dan selanjutnya yang juga penting adalah menentukan seberapa lama Anda akan belajar. Tidak perlu melakukan sepenuh waktu, tapi lakukan sepenuh hati. Jadi jangan pernah terbebani. Senangi dan lakukan saja. Belajarlah sedikit tapi rutin. Bukan belajar langsung banyak tapi rentang waktu belajar lagi terlalu lama. 

Buatlah agenda yang pasti dalam menguasai empat kemampuan utama bahasa Inggris, seperti listening, speaking, reading dan writing. Anda juga bisa menggabungkan keempat kemampuan  dalam satu waktu. Misalkan dengan menoton film bersama teman (listening), kemudian menuliskan resensi (writing), berbagi resensi dengan teman (reading) dan berdiskusi tentang film yang telah ditonton (speaking).  

Bisa juga Anda pergi ke tempat pariwisata yang banyak dikunjungi turis asing. Melatih listening dan speaking dengan turis asing adalah pengalaman yang menantang dan menyenangkan. Coba sekali, pasti Anda akan ketagihan.

Tuliskan berbagai rencana yang akan Anda lakukan dengan kemampuan bahasa Inggris pada saat ini, bulan depan, tahun depan dan seterusnya. Pastikan tujuan yang Anda buat sangat realistis, sehingga Anda bisa tetap konsisten untuk meraihnya.  

Tentukan juga waktu untuk mengikuti tes atas apa yang Anda pelajari. Berbagai website menawarkan rangkaian tes bahasa Inggris yang bisa Anda ikuti. Dengan mengikuti tes bisa menjadi alat ukur kemampuan Anda dan memperbaiki bila ada kesalahan di kemudian hari. 

  • Komitmen 

Bila tujuan dan waktu sudah terarah. Yang harus tetap dijaga adalah komitmen Anda. Karena tanpa komitmen yang kuat, segala yang telah terancang tidak akan terbangun dengan baik. Tetaplah berjalan di jalur yang sudah Anda buat. Keberhasilan hanyalah masalah waktu. Terus berlatih, berlatih dan berlatih. Pasti Anda akan rasakan hasil yang fantastis.   

Tujuan apapun yang telah Anda tetapkan, jangan pernah menyerah untuk meraihnya. Rencanakan apa yang akan Anda lakukan dan lakukan apa yang telah Anda rencanakan. Dengan begitu mahir dan menguasai bahasa Inggris bukanlah mustahil bagi orang yang sungguh-sungguh dalam belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar